Minggu, 30 Desember 2012

Matematika bagi anak berkebutuhan khusus


1. “Created by : Metalia Fransiska
2. • 1.1 Hakekat Kesulitan Belajar• Pengertian Kesulitan Belajar Kesulitan belajar adalah suatu keadaan yang menyebabkan siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya. Siswa yang mengalami kesulitan belajar, akan sukar dalam menyerap materi-materi pelajaran yang di sampaikan oleh guru sehingga ia akan malas dalam belajar, serta tidak dapat menguasai materi, menghindari pelajaran, mengabaikan tugas-tugas yang diberikan guru, penurunan nilai belajar dan prestasi belajar rendah.
3. Faktor-faktor Kesulitan Belajar Faktor Orang TuaFaktor Fisiologi Faktor SekolahFaktor psikologi Faktor Lingkaran Sekolah
4. Seorang anak yang kurang sehat akanmengalami kelemahan fisik, sehingga akanmengalami kesulitan belajar. sebab anaktersebut mudah lelah, pusing, dan dayakonsentrasinya berkurang. Intelegensi Bakat dan minat Motivasi
5.  Faktor orang tua1. Bimbingan dan didikan orang tua2. Hubungan orang tua dan anak3. Suasana rumah atau keluarga Faktor sekolah1. Guru2. Alat pelajaran3. Kondisi gedung4. Kurikulum
6. Karakteristik Peserta didik berkesulitanbelajar matematika. Adanya gangguan dalam hubungan ruang atau tempat Abnormalitas Persepsi visual Kesulitan dalam bahasa dan membaca Gangguan penghayatan tubuh Asosiasi visual motori Kesulitan mengenal dan memahami simbol
7. Mengatasi kesulitan belajar Menyadari bahwa anak tersebut mengalami kesulitan belajar Memperhatikan sampai dimana pola kekuatan dan kelemahan tersebut Mencari sebab-sebab mengapa anak tersebut mengalami kesulitan belajar Dorongan dari Orang tua dan guru sangat dibutuhkan oleh siswa yang mengalami kesulitan belajar tersebut Bimbingan konseling bisa sangat membantu.
8.  Kesimpulan Kesulitan belajar adalah suatu keadaan yang menyebabkan siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya Peserta didik berkebutuhan khusus yang mengalami kesulitan masalah belajar matematika umumnya dikategorikan sebagai peserta didik dengan masalah kesulitan belajar secara khusus.
9. Karakteristik Peserta didik berkesulitanbelajar matematika. Adanya gangguan dalam hubungan ruang atau tempat Abnormalitas Persepsi visual Kesulitan dalam bahasa dan membaca Gangguan penghayatan tubuh Asosiasi visual motori Kesulitan mengenal dan memahami simbol
10. Saran:– Sebaiknya guru lebih intensif dalam membimbing anak-anak berkebutuhan khusus dalam pembelajaran matematika– Dalam mengajarkan matematika, guru harus memahami bahwa kemampuan setiap siswa berbeda-beda, dan cara mengatasi masalahnya pun juga berbeda- beda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar